Rabu, 27 Februari 2013

Karst Maros, Gugusan Gunung Batu Terindah Dan Terbesar Kedua Di Dunia

Kemarin saya melihat gugusan bebatuan yang berwarna hijau, berderet memanjang bagaikan benteng pertahanan alami yang di buat oleh alam, sebenarnya sudah dua kali saya lewat melewati gugusan bebatuan ini, yang pertama saya lihat waktu perjalanan pulang dari kabupaten Pangkeb menuju Makassar, melewati jalan Trans Sulawesi. dan yang kedua perjalanan pulang dari Kabupaten Barru, menuju Makassar. Saya memandang gugusan Gunung tadi mirip Karst, gugusan pegunungan kapur di Gunung Kidul dan Pacitan, tapi kali ini yang saya lihat jauh lebih indah, bahkan saya melihat ada salah satu gunung yang menyerupai Sepatu.

Wah, indahnya,..ternyata yang saya pandangi dengan takjub itu adalah Karst Maros yang sudah sangat terkenal, denger-denger Kawasan Karst Maros-Pangkep merupakan bentang alam karst kedua di dunia setelah bentang alam karst yang ada di China bagian selatan. 

Kawasan Karst yang barusan saya pandangi dari jalan trans Sulawesi ini landscapenya luarbisa, kabarnya kalo kita mendekat bisa melihat yang lebih spesifik lagi, kabarnya lagi Goa disana memiliki  ornamen Goa terindah, bahkan diakui dunia internasional sebagai fenomena alam yang layak dijadikan sebagai salah satu kekayaan dunia, “The Spectacular Tower Karst”.  

Teman saya sempat bilang sih soal Bantimurung yang terkenal itu, tapi nggak nyangka kalo ada di sekitar gugusan karst yang saya pandangi itu, “The Kingdom Of Butterfly” katanya. ya,..saya pernah liat di tivi, dan nggak pernah ngimpi bisa melihatnya langsung.

Subhanallah,...saya nangis bombay,...pokoknya besok kalo ke pangkeb, atau Barru, mobil harus mau saya belokkan kesana. harus!!! 


 



Labels: Karst , Gunung Batu , Tebing , Karst Maros ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar